25/07/2018

Gerhana Bulan Total Sabtu - 28 Juli 2018 Waktu Dan Dampaknya

Gerhana Bulan Total Sabtu - 28 Juli 2018 Waktu Dan Dampaknya
Sumber : BMKG
Surabaya - Sebuah fenomena alam akan terjadi pada akhir pekan nanti tepatnya pada tanggal 28 Juli 2018 ya pada hari Sabtu besok akan terjadi sebuah Fenomena alam yaitu gerhana Bulan total. Dan istimewanya adalah gerhana bulan kali merupakan fenomena gerhana bulan terlama yaitu mencapai 103 menit atau hampir 2 jam. Gerhana bulan kali ini merupakan kejadian ke-dua setelah bulan Januari lalu juga terjadi gerhana Bulan total.

Perkiraan waktu terjadi gerhana bulan adalah sebagai berikut menurut WIB. ( Sumber : BMKG )
1. Gerhana bulan akan mulai pada pukul 00:13 WIB
2. Gerhana bulan sebagian mulai pada pukul 01:24 WIB
3. Gerhana bulan total mulai pada pukul 02:30 WIB
4. Puncak gerhana bulan akan terjadi pukul 03:22 WIB
5. Gerhana bulan total berakhir pada pukul 04:13 WIB
6. Gerhana bulan sebagian berakhir pada pukul 05:19 WIB
7. Gerhana bulan berakhir pada pukul 06:30 WIB

Jadi menurut BMKG gerhana bulan akan terjadi pada Pukul 00:13 WIB - 06:30 WIB atau dekitar 103 menit dan itu merupakan waktu teralama terjadi gerhana bulan pada abad ini. Gerhana bulan total kali ini bisa di liat di seluruh daerah dan wilayah di Indonesia dengan mata telanjang.

Perlu juga diketahui Gerhana Bulan terjadi karena sebagian atau seluruh perbukaan bulan tertutup oleh bayangan bumi. Dan itu terjadi apabila bumi berada diantara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama. Sehingga sinar Matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalang oleh bumi.

Bagaimana gerhana bulan bisa terjadi adalah
Sumber : Wikipedia

Shalat Gerhana Bulan ( Khusuf )

Gerhana bulan dalam bahasa arab adalah Khusuf. Untuk umat yang beragama islam di himbau untuk melaksanakan shalat gerhana bulan atau yang lebih dikenal dengan Sholat Khusuf. Shalat gerhana ini dikerjakan sebanyak 2 raka'at. Adapun shalat khusuf ini hukumnya adalah sunnah muakad atau sunah yang dianjurkan untuk dikerjakan.

***

No comments :

Post a Comment