12/04/2016

Tips Cara Memilih Barang Di Bukalapak.com Agar Tidak Tertipu

Tips Cara Memilih Barang Di Bukalapak.com Agar Tidak Tertipu

Bukalapak.com pasti anda sudah tidak asing lagi dengan situs yang satu ini. Merupakan salah satu situs tempat jual-beli online terbesar di Indonesia. Dengan reputasi yang sangat bagus di Indonesia sekarang ini. Sudah di pastikan sangat banyak sekali produk barang-barang yang di jual di sana. Begitupun dengan pelapak atau penjual di sana sudah sangat banyak sekali. Bahkan kita terkadang bingung untuk memilih produk dan penjual yang meyakinkan.

Perlu anda ketahui dan pahami di dalam belanja online. Anda harus sangat berhati-hati karena di sana kerap terjadi penipuan. Anda mungkin akan berfikir aman dan uang bisa kembali! Ya itu memang benar. Salah satu keuntungan dari belanja di Bukalapak atau situs jual-beli online lainnya adalah menggunakan Payment System atau lebih di kenal Rekber ( Rekening Bersama ). Jadi uang kita akan di tahan dulu oleh pihak ke-3 atau Bukalapak ( yang saya bahas di sini ). Setelah kita menerima barang dang meng-konfirmasi barang telah sampai maka uang akan di teruskan ke penjual dan transaksi telah clear.

Kembali ke topik, cara memilih produk di bukalapak.com Hal pertama adalah melihat foto yang di unggah oleh penjual/pelapak. Silakan anda melihat semua foto yang telah di unggah oleh pelapak tersebut. Bandingkan satu-persatu foto-foto tersebut. Apakah foto asli dari produk itu atau hanya di ambil dari internet. Jika anda sudah merasa puas dengan gambar yang telah di unggah oleh pelapak tersebut. Langkah selanjutnya adalah melihat deskripsi yang telah di berikan oleh pelapak di menu detai produk.

Silakan anda membaca detail produk di sana, dan bandingkan review tersebut dengan foto yang telah di unggah. Apakah sama atau berbeda? Jika sama berarti pelapak tersebut jujur dan berniat untuk jualan. Kenapa saya bicara begitu? Karena terkadang dari beberapa pelapak memberikan deskripsi yang ngawur alias tinggal copy paste dari google. Dengan begitu deskripsi review dari produk tersebut seakan-akan telah umum di kalangan masyarakat/pembeli.

Hal yang harus perhatikan lagi adalah berat barang tersebut, apakah perkiraan anda berat barangnya sama atau pelapak memberikan info di atas rata-rata. Karena beberapa pelapak ngawur atau mengambil keuntungan dari sana. Bagaimana caranya? pelapak menulis berat barang 2 kg, dan berat sebenarnya adalah 1 kg. Jadi otomatis kita akan di kenakan tarif dari ekspedisi JNE kita lebih banyak. Dan itu merupakan murni dari kesalahan pelapak yang ingin berbuat curang dalam mengambil keuntungan.

Jadi anda harus benar-benar jeli dalam melihat barang dengan detailnya. Cari produk barang yang sesuai dengan deskripsinya. Supaya anda merasa puas dengan apa yang anda beli dan sesuai dengan harganya. Keep calm and slow. Happy shoping.

Thx

***

No comments :

Post a Comment