05/11/2015

Template Blog ( Tentang Tampilan Blog Ini )

membuat template blog
Template Blog sudah tidak asing lagi di pikiran anda, dimana merupakan front-end dari suatu website. Dan template berhubungan langsung dengan pengunjung karena menyakut tampilan antarmuka website blog. Tidak jarang untuk sebagian website blog rela mengeluarkan uang hanya untuk membeli template yang menarik dan memiliki hak akses penuh.

Saya rasa anda juga akan berfikir ingin merubah tampilan blog anda menjadi menarik dan enak dipandang oleh pengunjung setia anda. Tapi sebagian Blogger saya rasa kurang begitu tahu tentang edit-edit template blog. Bukan karena mereka tidak bisa, melainkan karena mereka fokus ke sesi yang lain. Mungkin lebih mem-fokuskan kepada content-content yang ingin di-publish.

Sedikit ulasan .  . . .

Tentang tampilan Blog ini? Saya bukan anak IT atau apalah melainkan cuma seorang buruh pabrik ( hmmmm, da ini fakta ). Saya ingin berbagi cerita pengalaman saya dalam membuat Template Blog saya ini ( ya walaupun g 100% karya sendiri, melainkan cuma edit-edit saja ). Bayangkan kalau saya buat template sendiri? Bisa gila saya, ngabisin waktu berming-minggu hanya untuk mempelajari stuktur template blogger belum lagi tentang CSS dan JavaScript yang belum saya kuasi penuh.

Walaupun Template blog ini sangat sederhana, tapi jujur saya membuat ini hampir 1 bulan ( gilaa menn ). Lama banget ya? namanya juga bukan web designer jadi saya anggap wajar saja. Itupun saya korbankan waktu bermain dan hang-out saya demi blog ini ( ahaaayy asyikk deh ). Sedikit demi sedikit mulai dari header sampai footer blog saya edit pelan-pelan.

Bayangkan saja, hanya untuk membuat style Header saja saya butuh waktu 2 hari, dan ini fakta lhoo. Saya tidak tahu kenapa, saya rubah-rubah terus warna yang anda, hingga saya merasa cocok. Walaupun tidak serasi pada kenyataannya, tapi saya puas.

Berhari-hari saya mantengin terus ni Laptop hanya edit-edit, pusing sudah jadi kebiasaan setelah melakukan edit Code. Tapi namanya demi kepuasan, ya harus saya jalani, pelan-pelan.

Dan sebenarnya template ini tbelum fix, karena tidak competibel di semua browser. Jujur pikiran saya sangat capek untuk fix template ini. Bayangkan saya banak sekali browser bertebaran di dunia IT, mana beda versi saja sudah beda tampilan. Akhirnya saya ambil keputusan hanya melakukan test pada browser versi update saja. Dan untuk browser old-version saya rasa pasti hancur ini tampilan.

Tapi saya puas, puas dengan hasil edit yang saya lakukan.

***

No comments :

Post a Comment