12/11/2015

Bacaan Doa Iftitah Dalam Shalat

gerakan saat membaca doa iftitah

Doa Iftitah adalah doa yang di baca setelah melakukan takbiratul ihram dan sebelum membaca ta'awudz. Adapun hukum membaca doa iftitah adalah sunnah untuk seorang imam ataupun makmum, jadi jika kita lupa membaca doa iftitah maka shalat kita tetap sah-sah saja dan tidak perlu melakukan sujud sahwi.

Menurut sumber yang saya dapat terdapat beberapa doa iftitah yang bisa di amalkan, akan tetapi saya akan membahas yang umum di masyarakat saja.

Diantara dalilnya yaitu adalah hadist dari Abu Hurairah

كان رسول الله صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إذا كبَّر في الصلاة؛ سكتَ هُنَيَّة قبل أن يقرأ. فقلت: يا رسول الله! بأبي أنت وأمي؛ أرأيت سكوتك بين التكبير والقراءة؛ ما تقول؟ قال: ” أقول: … ” فذكره

Artinya, "Biasanya Rasullullah Shallallahu'alaihi Wasallam setelah bertakbir ketika shalat, ia diam sejenak sebelum membaca ayat. Maka akupun bertanya kepada Beliau, Wahai Rasullullah, kutebus engkau dengan ayah dan ibuku, aku melihatmu berdiam diantara takbir dan bacaan ayat. Apa yang Engkau baca ketika itu adalah : . . . ( Beliau menyebutkan doa iftitah )". (Muttafaqun'alaih)

Setelah menyebut beberapa doa istiftah dalam kitab Al Adzkar, Imam An Nawawi berkata: "Ketahuilah bahwa semua doa-doa ini hukumnya mustahabbah (sunnah) dalam shalat wajib maupun shalat sunnah" (Al Adzkar, 1/107).

Doa Iftitah

Bacaan Doa Iftitah Dalam Shalat


Allahu akbar kabiiraw-wal hamdu lillahi katsiraw wa subhaanallaahi bukratawwa ashiila. Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal ardha haniifam muslimaw wamaa anaa minal musyrikiin. Inna shalatii wa nusuki wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi Rabbi' allamiina. Laasyariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anna minal musliimiina.

Artinya " Allah Maha Besar lagi sempurna kebesaranNya, segala puji bagi-Nya dan Maha Suci Allah sepanjang pagi dan sore. Aku menghadapkan wajahku kepada Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri, dan aku bukanlah orang-orang yang termasuk men-sekutukan-Nya. Sesungguhnya sholat-ku, ibadah-ku, hidup dan matiku hanyalah untk Allah, Tuhan semesta alam. yang tiadasatupun sekutupun bagi-Nya. dengan semua itulah aku diperintahkan dan aku adalah termasuk orang-orang yang berserah diri ( muslim )

Semoga bermanfa'at.

***

1 comment :