13/10/2015

Cerita Seorang Programer IT

Cerita Seorang Programer IT
Programer, mungkin sebagian orang akan bertanya apa sih Programer itu? Saya tidak akan menjelaskan di sini. Silakan anda cari sendiri arti dari kata Programer itu. Karena di sini saya bercerita tentang hidup saya dan ini mungkin akan berbeda dengan kenyataan pada orang lainnya.

Untuk anda yang sudah terjun di dunia IT sebaiknya anda tidak perlu membaca tulisan ini karena akan membuat anda badmood dan jengkel kepada saya. Ini adalah cerita saya jada saya yang pegang kendali di sini. Ups sadis dikit bos. Sesadis code yang ada dalam pikiran saya.

Dulu waktu saya masih di jenjang SMP, saya belom mengenal apa itu internet karena saat itu teknologi masih jarang di desa saya ( efek tinggal di desa ).  Tapi sedikit demi sedikit berangsur berubah di mana di desa saya tinggal mulai di kenal internet. Saya mengenal IT kala pertama kali waktu SMP tersebut.

Akhirnya saya merasakan juga apa itu internet. Karena saya orang suka penasaran jadi saya selalu merasa kurang dan kurang. Dan itulah pertama kalinya saya berkenalan dengan Google. Mesin pencari raksasa sampai sekarang. Saya berfikir bagaimana Google itu bisa sedemikian rupa tampil di internet. Bagaimana mereka terbentuk dari apa.

Akhirnya saya mendapatkan keyword website, ternyata Google adalah sebuah website. Otak saya berfikir lebih keras lagi mencari apa sih Website itu? Bagaimana cara membuatnya. Sial rasanya waktu itu karena keterbatasan media teknologi. Cuma modal HP jadul aja bos. Akhirnya semasa SMP saya cuma bermimpi apa itu website dan cara pembuatannya.

Hingga saya mulai masuk ke jenjang lebih tinggi yaitu SMK, dan saya masuk di Jurusan Teknik Mekanik Otomotif, sekali lagi saya harus bilang wow. Seharusnya saya masuk Jurusan IT untuk memperdalam ilmu itu yang membuat saya penasaran sampai sekarang. Tapi karena biaya yang minim akhirnya saya harus melali semua ini dengantidak sesuai harapan saya.

Mulai lagi saya bereksperimen, melanjutkan rasa penasaran saya tentang membuat website. Dan di masa itu di era ponsel java-symbian yang lagi ngetren dengan koneksi cuma 2g alias GPRS. Mulai lagi berselancar bagaimana membuat sebuah website tampil di Internet. Dan akhirnya saya sedikit menemukan apa yang saya cari. Ya kalau kalian tahu MyWapBlog dan XTgem pada era itu, berarti kalian sama dengan saya.

Ya mereka adalah website builder dan WapBlog yang berbasis di ponsel. Saya mulai bereksperimen disana. Hingga akhirnya saya mulai mengenal tentang Bahasa Pemrograman Web HTML dan CSS kala itu. Saya mulai binggung lagi, siapa lagi sih mereka HTML CSS? Otak saya mulai pusing lagi dengan mereka. Maklum baru pertama kenal. Rasanya bingung tidak mengerti apa-apa.

HIngga akhirnya saya mulai otak-atik menu di XtGem, sungguh ribet bukan main kalau mengunakan teknologi yang minim itu, Sumpah! Musti sabar dan sabar dan nunggu loading yang lama. Dan karena XTGem tersebutlah saya diharuskan memahabi apa itu HTML dan CSS untuk membuat sebuah website. Dan di kala itu saya cuma bisa membuat div dengan elemen border di tambah sedikit background saja rasanya wow! sangat luar bisa senengnya. Ternya begini membuat website itu! Tapi kenapa kog tidak sedemikian wow seperti punyanya Google.

Lagi-lagi saya berfikir aneh! Oh tidak. Otak saya memaksa saya itu mempelajari itu. Aneh banget kenapa saya seperti ini. Memangnya ini semu apenting buat hisup saya. Just tanya saja pada diri anda penting gak sih programer itu. Dan karena keterbatas media itu tadi saya tidak bisa belajar banyak. Hanya sedikit-sedikit yang saya bisa, tapi saya belum menyerah sampai di situ. Cuma saya vacum dulu beberapa bulan.

YA karena saya sudah kelas XII dan saatnya saya mulai fokus belajar untuk Ujian Nasional yang harus saya lewati. Jadi cerita saya terputus sampai di sini dulu. Dan akan tetap berlanjut sampai sekarang saya menulis artikel ini. Saya masih merasa bingung bimbang dan tidak tahu tujuan.

Dan sekarang sudah mulai ada istilah aneh-aneh lagi yang tidak saya ketahui dulu pas SMK. Apa itu? ada JavaScript ada JQuery, PHP, MySQL dan masik banyak istilah lagi yang saya tidak mengerti.

to be continued

No comments :

Post a Comment