23/10/2015

Doa Sesudah Wudhu

Sebagai orang Islam sudah sepatutnya kita mengikuti apa yang di ajarkan oleh Nabi Sholallahu 'alaihi wa salam. Begitu pula dalam anjurannya untuk bersuci ( wudhu ) dari hadas dan najis.

Referensi : Tata cara dan doa wudhu dalam islam

Membaca Basmallah
Membaca Bismillah hukumnya adalah wajib, jadi sebelum anda wudhu hendaknya mengucapkan bismillah terlebih dahulu. Dan jika anda lupa, anda boleh mengucapkannya di tengah-tengah.

Doa  Sesudah Wudhu

 

Asyhadu an laa ilaaha illallahu wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa rasuluhu

Artinya "Aku bersaksi tiada Tuhan yang haq kecuali Allah, Yang Maha Esa dan tiada sekutu bagiNya. Aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusanNya"

Note : HR. Muslim 1/209

Dan di dalam riwayat At-Tirmidzi ada tambahan Doa

 




Allahumaj 'alni minat tawwabiina waj'alni minal muthathohhiriin

Artinya "Ya Allah jadikan aku sebagai hambaMu yang rajin bertaubat dan mensucikan diri"

Doa lain yang diajarkan Nabi setelah berwudhu 



Subhaanaka allahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

Artinya "Maha suci Engkau Ya Allah, segala puji untukMu, tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau, aku memohon ampun dan bertaubat kepadaMu'

Note : HR. An-Nasa’i dalam ‘Amal Yaum wal Lailah no. 30. Dinilai shahih oleh Al-Albani di Shahihul Jami’ hadits no. 6046.

Jika tulisan ini masih ada kesalahan mohon di ma'afkan dan akan saya perbaiki, demi pembelajaran bersama.

***

No comments :

Post a Comment