17/10/2015

Saya Bukan Seorang Programer IT ( Cerita )

Saya Bukan Seorang Programer IT

Tulisan ini hanya untuk hiburan semata dan anda jangan mengganggap serius karena semua yang ada dalam tulisan ini hanya dari sudut pandang saya sendiri dan tanpa observasi atau survey lapangan untuk ke-faktaan tulisan ini. Jadi stay enjoy saja dalam membaca ini.

Kita mulai . . .

Programer? jangan salah, yang saya maksud di sini adalah Programer yang berhubungan dengan IT atau lebih lengkapnya Informatika. Sekali lagi saya bukan programer! Jadi apa yang saya ceritakan di sini? Banyak dan akan berhubungan dengan Programer. Loh kog bisa? Ya, walaupun saya bukan programer tapi saya udah kecantol dengan yang namanya "Code" dan saya susah melupakannya. Bagaimana tidak, setiap saat pikiran saya selalu ada kata error dan bagaimana cara fix-nya. Bisa stress kalau saya terus-terusan begini. Coba saja anda banyangkan dalam pikiran anda, setiap saat bahkan akan tidur selalu terfikir source code yang akan saya gunakan. Gila, pokoknya udah lebih dar pacar muter-muter di otaknya.

Untuk anda yang sedang bingung tentang programer atau anda hampir lulus jurusan IT. Saya sarankan lebih baik anda mencari pekerjaan selain programer. Kenapa? Kamu pasti tahulah Programer itu berat broe mikirnya, suerr dehh pokoknya logika lo harus kuat banget di atas rata mungkin. Klow g gitu kamu bisa stres seperti saya hanya karena beberapa baris code yang eror dan belom ter-fix. Saya tidak menakut-nakuti anda, tetapi ini yang saya rasakan sekarang. Pusing broe!

Saya sarankan anda lebih baik mencari pekerjaan yang lebih menyenangkan, seperti halnya menjadi PNS nah tu hidup anda pasti terjamin. Klow g gitu anda bisa menjadi pengusaha atau jualan apa gitu, itu lebih baik menurut saya dari pada anda menjadi programer. Klow anda menjadi programer, hidup anda akan banyak anda habiskan di depan PC? Pasti tahukan akibatnya. Mata anda akan cepat lelah, dan yang paling penting adalah anda akan merasa kekurangan teman terkecuali PC anda adalah teman sejati anda. Ansa jangan mengelak?! Karena ini juga saya rasakan sekarang.

Saya tidak akan menakut-nakuti anda disini hingga merasa tambah bingung. Seperti yang saya uraikan di atas, tulisan ini hanya dari sudut pandang saya saja.

Versi menyakitkan . . .

Kamu udah tahu belom kalau jadi programer itu harus pintar, dan yang paling menyebalkan orang pintar belum tentu sukses tapi orang sukses pasti dia pintar. Kenapa programer itu harus pintar? Akan saya jabarkan sedikit saya. Okey kita mulai dari hal yang paling mendasar. Anggap saja anda ingin membuat suatu halaman website katakanlah one page saja, satu halaman saja. Pernah terfikir g apa yang harus anda lakukan untuk membuat satu halaman website tersebut. Pasti anda tahu? Ya Coding-lah yang harus anda lakukan.

Coding, anda tahu coding itu bagaimana? Pastinya kan. Coba sekarang bayangkan coding apa dan bagaimana yang anda butuhkan. Mungkin anda mulai sedikit berfikir. Tapi itu masih mudah, Upss. Untuk hal yang paling mendasar anda cukup tahu HTML sedikit saja sudah cukup. Coba bayangkan men, HTMl itu sintak-nya banyak banget, apa gw harus ngapalin semua. Kalau gw g hapal terus gimana mau coding, mesti buka google apa sambil baca buku. Ini masih HTML-nya saja sudah kaya gini. Makanya saya bilang Programer itu harus pintar dan terlebih mempunyai ingatan yang kuat dengan basic logic mantap.

Katakan anda sudah berhasil membuat urutan sintak dengan HTML, lalu apakah itu sudah cukup? Belom bos masih banyak yang harus dilakuin lagi. Kalian pasti tahulah apa yang harus dilakukan apa selajutnya. Mulai dari merias alias mendesign tampilan dengan CSS. CSS bro? Apalagi ini? Bisa anda bayangkan lagi berapa jumlah sintaks CSS yang harus anda kuasi. Saya rasa cukup banyak, banyak banget malahan. Dan itu tidak memakan waktu singkat bro untuk memahaminya. ENte harus mencoba satu-satu sintaks untuk mengetahui perbedaannya. Saya katankan lagi kalau programer itu harus pintar.

Ini semua masih belom cukup bro, masih ada lagi. Apa itu? Masih ada JavaScript dan JQuery yang menunggu anda. Siapa lagi mereka? Untuk anda yang belajar JavaScript anda minimal juga harus mempelajari JQuery. Kenapa? Karena JQuery merupakan kumpulan library dari JavaScript yang katanya memudahkan programer dalam coding.  Lagi-lagi saya katakan programer itu harus pintar di atas rata-rata.

Jadi kalau kita buat bagan, bisa sperti ini

HTML > CSS > JavaScript > JQuery

Lalu apa sudah cukup? Belom bosa! Itu masih akan terus nyampung dan tidak akan pernah berakhir, Kenapa? Karena teknologi akan terus berkembang. Memang ada siapa lagi? Di dalam masih ada PHP, MySql ada ASP .NET pokonya banyak lagi yang harus kalian pelajari. Kalian jangan bertanya apakah seorang Programer harus mengerti semua jenih bahas tersebut. Karena saya bukan programer. Jadi sekali lagi, pikirkan matang-matang kalau anda ingin menjadi seorang programer. Saya tidak menakut-nakuti anda, tapi ini kenyataannya memang begini. Seorang programer di tuntut untuk pintar dalam segala bahasa pemrograman.

Versi semnagat . . .

Yuhu, apakah kita harus mengeluh terus? Ehmm jangan deh kan masih muda masa muka kusut lesu gitu, malu tuh ma ayam. Semangat? Bagaimana sih. Bagaimana tidak semangat kalau anda membuat seuatu halaman dan ketika di-load halaman tersebut tampil sempurna tanpa bug! Pasti anda akan merasa sangat senang dan itulah kesenangan real seoraang programer hingga mereka mengatakan "YES" dengan menggenggam tanganya. Saya yakin anda juga begitu pastinya. "Yess".

Versi rekomendasi . . .

Saya rasa sebaiknya anda untuk memilih sesuatu yang menyenangan daripada anda harus merelakan diri sekian lama tahun untuk belajar untuk hal yang belum jelas adanya. Katakan saja anda jadi tukang service PC mungkin atau anda mau jadi artis dan itu akan sangat lebih baik.
Ingat sob, Pencitraan itu lebih baik dari kemampuan. Jadi sebelum anda melangkah lebih baik anda berfikir matang untuk masa depan anda dan orang di sekitar anda. Lakukan saja sesuatu hal yang menyenangkan dan menghasilkan income untuk anda.

Just for story, Semua tulisan di sini belom tentu benar dan setiap pendapat serta pemikiran orang akan selalu berbeda. Jadi sebelum anda melangkah terlalu jauh sebaiknya anda memikirkan suatu hal dengan bijak dan melihat peluang ke depannya apakah bisa untuk di teruskan atau hanya membuang waktu nyaman anda.

***

No comments :

Post a Comment