26/08/2015

Cara Backup Aplikasi Data Line Dengan Titanium Backup Force Close


Titanium Backup adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk backup suatu aplikasi beserta datanya. Android adalah aplikasi yang bebas di mana suatu saat pasti HH kita akan penuh dengan aplikasi yang terinstall. Bahkan karena banyaknya aplikasi yang terinstall tersebut HH kita akan menjadi lambat dan sering lag.
Dimana jika sudah terjadi demikian kita di rekomendasikan untuk meng-hapus beberapa aplikasi bahkan sampai me-reset HH kita. Anda pasti tahu apa yang akan terjadi, HH kita akan kosong seperti baru dari pabrikan.
Anda pasti punya aplikasi chating, atau sosial media lainnya yang terinstal di HH anda. Bisa anda bayangkan bila anda harus menginstal satu-persatu aplikasi kesangan anda, dan itupun anda harus daftar atau login lagi ke dalam akun sosial media anda.
Di sinilah fungsi dari Titanium Backup, aplikasi ini akan mem-backup file apk dari aplikasi anda beserta data-nya. Dan anda dapat me-restore kapanpun anda mau. Dengan mengunakan aplikasi ini anda dapat me-restore aplikasi chat anda tanpa harus login atau daftar lagi. Aplikasi akan berjalan sesuai terakhir kali anda mem-backup data yang ada.
Yang akan saya bahas di sini adalah ketika anda akan me-restore aplikasi Line anda. Kenapa? Karena ternyata banyak di jumpai aplikasi Force Close setelah di lakukan restore dengan Titanium Backup. Mengapa demikian? Satu hal yang pasti, ternyata ada beberapa aplikasi menggunakan "Android ID" untuk meng-identifikasi aplikasi yang sedang berjalan. Dan jika kita me-reset factory HH kita, secara otomatis Android ID kita juga ikut berubah. Dan memungkinkan aplikasi membaca Android ID baru, sehingga ketika sedang melakukan identifikasi akan menghasilkan nilai False. Ini akan berakibat aplikasi tidak bisa berjalan.
Untuk anda yang mengalami hal demikian, restore data line dengan Titanium Backup akan saya berikan beberap tips.

Step by Step :

Apliaksi yang di butuhkan : Titanium Backup, anda dapat mencari in google untuk versi pro-nya.
Sata anggap anda sudah meng-install aplikasi Titanium Backup dan mengerti akan tool-toolsnya.

1. Buka Titanium backup > masuk ke TAb Backup/Restore
2. Klik tanda centang pojok kanan atas
3. Pilih Backup all user apps + system data
4. Tunggu proses sampai selesai

5. *** Silakan anda reset HH anda atau ganti ROM HH anda ***

6. Install Titanium Backup dan open aplikasinya
7. Klik Menu > scroll ke bawah pilih "MAnage Android ID"
8. Pilih "Restore Android ID from Backup"
9. Klik saja pilihan yang muncul > di sana tertera Android ID-nya
10. Biarkan HH anda akan restart
11. Jika setelah HH anda menyala akan ada pemberitahuan tentang Warning Adroid ID anda, silakan pilih sesuai kebutuhan anda.
12. Restore aplikasi Line anda
13. Dan aplikasi Line anda akan berjalan normal seperti sebelumnya.

Salam sucses!!!


***

No comments :

Post a Comment